Jakarta, Gatra.com – Gubernur Bank Indonesia (BI) sekaligus Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Perry Warjiyo, mennyampaikan apresiasinya terhadap capaian yang ditorehkan ISEI dalam tiga tahun terakhir.

Adapun sejumlah capaian ISEI yang diraih selama 3 tahun ini di antaranya adalah amandemen dan penguatan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang lebih terstruktur, terpadu dan forward looking.

“Keanggotaan ISEI makin tertata dengan adanya kartu anggota virtual yang sudah kita luncurkan beberapa waktu yang lalu,” ujar Perry dalam Seminar Nasional ISEI 2021 Akselerasi Pemulihan Ekonomi di Era Digital, Selasa (31/08).

Perry menuturkan bahwa dalam tiga tahun terakhir ISEI juga semakin berperan aktif dalam percepatan pemulihan ekonomi dan terus mendorong agar pembangunan ekonomi semakin inklusif.

“Ini benar-benar sejalan dengan manifesto ISEI, yang pertama mengambil peran aktif untuk kemajuan kesejahteraan masyarakat. Kedua, mengembangkan ilmu ekonomi. Ketiga menyampaikan pemikiran-pemikiran ekonomi yang sejalan dengan falsafah Pancasila,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Perry, ISEI turut melakukan penerbitan buku kajian kebijakan publik sebagai publikasi baru sebagai wujud sumbangsih pemikiran ISEI kepada Pemerintah, baik pemikiran strategi utama maupun tematik untuk Pemerintah pusat dan daerah.

Tak berhenti di sana, ISEI juga sukses menggelar pre-launching penerbitan kembali Indonesian Economic Journal yang akan menjadi wadah publikasi riset. Kemduian, ISEI juga mendirikan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (Lamemba) yang telah beroperasi sejak tahun ini.

“Bulan Agustus ini instrumen Lamemba sudah mendapat penetapan penentuan badan akreditasi nasional perguruan tinggi nomor 8,” ujar Perry.

Perry menyampaikan rasa bangganya atas transformasi ISEI yang begitu progresif dan lebih inklusif baik dari segi organisasi, riset, kebijakan, akreditasi maupun kerjasama dalam dan luar negeri.

“Capaian ISEI ini merupakan buah dari kerja keras kita semua, baik itu para pengurus pusat dan seluruh anggota ISEI, saya berterima kasih untuk semua karya yang membanggakan ini,” pungkas Perry.

Sumber